10 Tempat Wisata di Banyuwangi Terhits Dikunjungi







Anda tahu Banyuwangi? Banyuwangi, kota yang sangat indah. Kota ini merupakan salah satu kota di Jawa Timur. Ingin tahu beberapa wisata di Banyuwangi? Lihat, tempat wisata terhits yang dapat dikunjungi di Banyuwangi.

1. Pantai Pulau Merah

Salah satu pantai yang menjadi favorit wisatawan adalah Pantai Pulau Merah, pantai yang terletak di ujung selatan Banyuwangi. Pantai ini memiliki pasir putih yang tersebar sepanjang 3 km. Tak jauh dari bibir pantai, terdapat sebuah bukit kecil yang sangat cantik setinggi 200 M. Di sebelah timur, wisatawan disuguhi pemandangan pegunungan yang sangat indah. Sedangkan di sebelah barat, wisatawan bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang indah. Selain pemandangannya yang menawan, pantai Pulau Merah memiliki ombak yang sangat bagus setinggi 2 meter dengan panjang kurang lebih 300 meter, juga dikelilingi oleh pepohonan bakau.


Daya tarik pantai ini adalah ombaknya. Ini juga menjadi kesempatan bagus bagi mereka yang suka berselancar. Pantai ini selalu dipenuhi oleh para Surfer Internasional setiap harinya. Bahkan, banyak dari mereka memilih tinggal berhari-hari dan ada pula yang sampai berminggu-minggu. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi rutin mengadakan acara selancar setiap tahunnya. Dan acara tersebut melibatkan peserta dari 20 negara di seluruh dunia. Anda berani mencobanya?

2. Pantai Plengkung

Wisatawan yang datang ke Plengkung umumnya melakukan aktivitas selancar. Para peselancar kebanyakan berasal dari Bali karena lokasinya bisa diakses langsung dari Pantai Kuta Bali dengan menggunakan speedboat.


Jika tidak ingin bermain selancar, Anda juga bisa menikmati panorama pantai yang indah. Pasir putih, air laut biru jernih dengan deburan ombak yang tak terputus adalah sederet pesona yang mengasyikkan. Di sebuah rumah panggung di pinggir pantai, Anda bisa menyaksikan aksi mendebarkan para peselancar yang menggeliat dan berusaha menjinakkan ganasnya ombak Plengkung.


Namun rumah panggung ini dikhususkan untuk penonton. Anda disarankan membawa teropong untuk menikmati tontonan yang mengasyikkan. Ini salah satu Tempat Wisata di Banyuwangi yang bisa Anda kunjungi.

3. Pantai Rajegwesi

Lokasi pantai Rajegwesi ini berada di tengah kawasan perkampungan nelayan. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat di sekitar Pantai Rajegwesi berprofesi sebagai nelayan. Pantai Rajegwesi dianugerahi pemandangan yang benar-benar menawan, hal ini merupakan hasil perpaduan pemandangan hamparan pasir pantai yang masih bersih. Ditambah, pemandangan di sisi kanan hamparan tebing batu yang mengandung bijih besi.


Selain itu pasir berwarna kecoklatan yang disebabkan oleh endapan lumpur dari beberapa sungai yang mengalir di pantai ini pada saat banjir membuat pasir pantainya berwarna coklat dan memiliki tekstur yang sangat lembut. Tempat yang unik bukan?

4. Pantai Watu Dodol

Tempat indah lainnya di Banyuwangi. Para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Watu Dodol akan disuguhi panorama laut yang indah. Anda juga bisa mendaki bukit untuk bisa menikmati pemandangan dan mendapatkan suasana yang lebih dramatis. Pemandangannya sangat indah, dengan pantai di sepanjang jalan dan perbukitan di sisi lain. Dari sini, Anda bisa melihat pulau Bali.


Nama Watu Dodol merujuk pada sebuah batu besar setinggi 6 meter yang terletak persis di antara dua jalan utama. Lokasi kawasan wisata ini berada sekitar 5 kilometer dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Ada juga restoran dan motel di sekitar tempat ini. Jadi tunggu apalagi?

5. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade adalah surganya penyu di Banyuwangi. Di sini, Anda bisa melihat langsung penyu bertelur, dan melihat penangkaran penyu serta mengikuti aktivitas pelepasan tukik (anak penyu) ke laut. Dalam satu malam, setidaknya seekor penyu mulai pergi ke pantai Sukamade yang terletak di Taman Nasional Merubetiri.


Namun ada empat jenis penyu yang dapat ditemukan di pantai Sukamade, yaitu penyu hijau (Chelonia mydas), penyu slengkrah (Lepidochelys olivaceae), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan penyu belimbing (Dermochelys coriaceae). Namun yang paling banyak adalah jenis Penyu Hijau. Anda bisa melihat semuanya di sini, sungguh pengalaman yang luar biasa.

6. Pantai Boom

Destinasi wisata yang cukup digemari oleh warga kota Banyuwangi tak lain adalah Pantai Boom. Pantai Boom cukup populer di kalangan wisatawan karena lokasi Pantai Boom relatif dekat dengan alun-alun kota Banyuwangi. Sehingga pantai ini sangat mudah dijangkau dan pantai ini juga menjadi salah satu tempat nongkrong anak muda dan warga Banyuwangi.


Namun, Pantai Boom sendiri terletak di Desa Kampung Mandar, Banyuwangi. Kawasan pantai ini terkenal sebagai salah satu pelabuhan penting sejak tahun 50-an bahkan hingga saat ini. Aktivitas di pelabuhan juga bisa Anda temui di kawasan pantai booming ini, namun kondisinya tidak terlalu ramai seperti dulu. Bagaimanapun, ini adalah pantai yang unik yang harus Anda kunjungi.

7. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan terletak di utara Banyuwangi, tepatnya di utara desa Bangsring Wongsorejo. Anda mungkin belum pernah mendengar tentang pantai ini, bukan? Pulau ini masih cukup asli, meski banyak turis mancanegara yang sering datang kesini untuk berselancar. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 50 hektar. Anda bisa berkeliling pulau dan merasakan suasana laut serta angin sejuk yang membuat Anda rileks.


Anda juga bisa melakukan snorkeling di sini. Spot yang bagus bukan di pinggir pantai, tapi agak ke tengah. Berhati-hatilah juga menginjak batu di sini, karena palung laut di Pulau Tabuhan lumayan jauh, namun cukup dangkal, sekitar 130 cm. Jika beruntung, Anda bisa melihat ikan-ikan cantik di sekitar pulau ini, namun Anda juga harus berhati-hati dengan bulu babi, karena banyak di sini.

8. Air Terjun Kalibendo

Selain mengunjungi Wisata Pantai, Anda bisa menuju Air Terjun Kalibendo yang terletak di Desa Anyar, Glagah. Dari kawasan Perkebunan Kalibendo, Anda bisa menyusuri kontur tanah yang berat dan berkelok-kelok. Sesampainya di sungai dengan jembatan yang membentang di atasnya, belok kanan, turun ke sungai dan ikuti arus. Setelah berjalan ratusan meter, akhirnya Anda akan menemui Air Terjun Kalibendo yang memiliki ketinggian 10 m.


Untuk menghilangkan rasa penat akibat perjalanan jauh menuju air terjun ini, Anda juga bisa langsung mandi di bawah air terjun. Air dingin dan segar akan menghilangkan rasa lelah Anda. Selain mandi, Anda juga bisa bersantai dengan duduk di dekatnya, dan bermain air. Tempat yang bagus untuk bersantai, bukan?

9. Air Terjun Lider

Air terjun Lider terletak di lereng pegunungan dengan udara sejuk di tengah hutan. Percikan air dan sinar matahari akan membuat spektrum warna pelangi yang spektakuler di bawah naungan pepohonan dengan akar yang menjuntai. Air Terjun Lider ini memiliki ketinggian 60 meter dengan ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut dan airnya berasal dari aliran pegunungan.


Namun tidak hanya itu, air terjun ini juga sangat eksotis dengan adanya dinding tebing berupa deretan batu dengan dimensi datar yang terlihat seperti menggantung diantara dua jurang yang menghimpit aliran Air Terjun Lider ini. Tak heran jika Air Terjun Lider adalah air terjun terbaik dan juga tertinggi di Banyuwangi.

10. Jawatan Benculuk

Tempat ini menawarkan pesona pemandangan yang luar biasa, cocok untuk hunting foto dan background prewedding dengan tema “Nature”. Kita bisa menikmati semilir angin sejuk dan panorama alam Jawatan di malam hari. Pasalnya, pada sore hari sinar matahari yang menembus celah pepohonan membuat tempat ini terlihat sangat menakjubkan. Tak heran jika sore tiba banyak pengunjung hanya sekedar duduk, bersepeda, atau bahkan berolahraga.


Selain menawarkan panorama alam, Jawatan juga menawarkan beragam aktivitas seperti memancing, memanggang ikan, dan arung jeram yang menantang. Jika Anda ingin menikmati wahana ini, Anda harus membayar biaya tambahan, dan biayanya pun sangat terjangkau. Ditambah lagi, tiket masuk ke tempat ini gratis, jadi tunggu apalagi?


Itu dia, tempat wisata terhits di Banyuwangi, Jawa Timur. Sebenarnya, masih banyak wisata di Banyuwangi, dan saya ingin Anda menemukannya sendiri, dan membuat pengalaman tersendiri buat Anda. Jangan lupa untuk membuat kenangan indah dan jaga kebersihan lingkungan agar keindahan tempat-tempat tersebut tetap terjaga. Selamat menikmati liburan Anda, semoga hari Anda menyenangkan!