10 Tempat Wisata di Cilacap Terhits Dikunjungi







Cilacap adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ibukotanya adalah Kota Cilacap. Setelah mengetahui secara umum, kini saatnya untuk langsung menuju objek wisata yang tersedia di sana. Lihat beberapa tempat wisata terhits di Cilacap berikut.

1. Pantai Teluk Penyu

Lokasi Pantai Teluk Penyu berada di Kecamatan Cilacap Selatan, sekitar 2 km ke arah timur dari pusat kota Cilacap. Anda bisa pergi ke sana dengan kendaraan umum dan pribadi.


Di Pantai ini, Anda bisa memancing di tepiannya. Saat memancing, Anda bisa merasakan hembusan angin yang akan menyegarkan tubuh Anda. Jangan lupa juga mampir ke Pantai Pasir Putih yang berada di dekat Pantai Teluk Penyu, tepatnya di Pulau Nusakambangan.


Namun untuk menuju Pantai Pasir Putih anda harus menyeberang menggunakan perahu. Ini sebenarnya cukup murah. Biasanya harga mulai Rp 15.000/orang. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Pasir Putih Anda bisa menikmati pemandangan ombak dan orang-orang yang memancing di tengah pantai. Benar-benar tempat yang bagus.

2. Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung memang belum memiliki area yang luas untuk dijelajahi. Namun di sinilah letak keindahan pantai ini, pantai ini dipenuhi dengan pohon kelapa, hal ini membuat suhu pantai menjadi lebih sejuk dan juga terdapat banyak tumbuhan hijau di pantai yang bisa anda temukan.


Pantai Widarapayung menyediakan fasilitas yang cukup memadai, seperti tempat parkir, kamar mandi, restoran, pemandian, kolam renang dan lain-lain. Untuk memasuki pantai widarapayung, wisatawan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 2.500 per orang, harga tersebut terbilang murah. Cantik namun tidak terlalu mahal.

3. Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan memiliki keindahan yang tidak kalah dengan Pantai Teluk Penyu. Pantainya indah dengan pasir putihnya. Namun hati-hati jika bermain di pantainya karena ombaknya relatif besar dan juga banyak karang di sana.


Anda bisa mengajak keluarga atau teman untuk berkunjung ke sini. Pantai Karang Pandan selalu ramai pada hari kamis upah (penanggalan jawa), karena terdapat beberapa tempat keramat di pantai ini. Banyak sekali jamaah yang ingin mengetahui kabar terbaru di tempat suci tersebut. Pantai Karang Pandan patut Anda kunjungi saat berkunjung ke Cilacap.

4. Pantai Permisan

Pantai ini masih sangat alami. Dengan keindahan yang begitu menakjubkan dan deburan ombak laut selatan akan membuat para wisatawan semakin betah berada disini. Ada juga pemandangan keindahan pulau-pulau kecil dan bebatuan di depan pantai. Pantai ini memiliki nilai tersendiri dibandingkan dengan pantai wisata lainnya di Cilacap.


Untuk menuju Pantai Permisan bisa menggunakan kapal laut atau boat baik dari Pelabuhan Lomanis maupun Pelabuhan Wijayakusuma menuju Sodong Nusakambangan. Kemudian dilanjutkan dengan kendaraan pribadi atau sewa menuju Permisan. Namun, sepanjang perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan alam di Pulau Nusakambangan.

5. Pantai Jetis

Tempat Wisata Terpopuler di Cilacap adalah menikmati di Pantai Jetis. Pantai Jetis terletak di pesisir selatan Purworejo. Tidak banyak turis yang tahu tempat ini. Pantai ini memiliki ombak yang besar, cocok untuk Anda yang suka berselancar. Pantainya memiliki pasir hitam dan mengandung bijih besi. Begitu sampai di pantai, Anda bisa menemukan banyak aktivitas seperti berjalan-jalan di pantai atau memancing.


Sayangnya pantai ini belum dikelola dengan baik, terbukti dengan minimnya fasilitas penunjang keselamatan pengunjung di pantai. Mungkin setelah pemerintah mengurusnya, jadi pantai surgawi di Purworejo. Namun, Anda tetap bisa menikmati pantai, tapi tetap aman.

6. Benteng Karang Bolong

Untuk menuju Karang Bolong Anda bisa menggunakan perahu nelayan dari pantai Teluk Penyu menuju Pulau Nusakambangan. Diperlukan waktu sekitar 15 menit untuk sampai di pelabuhan Nusakambangan melalui Selat Segara Anakan. Sepanjang perjalanan Anda bisa melihat banyak kapal di Pelabuhan Nusakambangan.


Tempat ini wajib kamu kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal kawasan Karang Bolong di Nusakambangan juga sangat ramah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Yang membuat unik benteng ini adalah dua lantai di atas tanah dan dua lantai di bawah permukaan tanah. Ada juga meriam peninggalan yang digunakan pertahanan serangan musuh dari laut. Selain itu, benteng ini juga memiliki beberapa ruangan bersejarah yang digunakan sebagai gudang logistik, tempat senjata, ruang tentara, hingga ruang penyiksaan. Penduduk setempat mengatakan kastil ini tampaknya berhantu karena seringnya "kejadian aneh" yang bahkan tidak masuk akal. Apakah Anda cukup berani untuk mengunjunginya?

7. Benteng Pendem

Benteng Pendem terletak di Kebonjati, Desa Cilacap, Kecamatan Cilacap, Cilacap. Namun saat ini di halaman dalam telah dibangun beberapa fasilitas wisata seperti loket tiket dan toilet. Sedangkan di halaman luar terdapat kilang milik Pertamina di belakang benteng dan pantai wisata Turtle Bay di sebelah Timur. Di lingkungan luar benteng juga terdapat makam orang Belanda seperti makam PH.M. Regena Berg, istri Pembantu JN Lagaar Residen Cilacap yang meninggal 23 Juli 1888. Juga Pembantu M.Herz Residen Cilacap yang meninggal 22Mei 1909. Benteng tersebut terletak berhadapan langsung dengan pulau Nusakambangan yang juga memiliki benteng, Karangbolong.


Menurut situs www.imuslim.co.id, Benteng Pendem merupakan bangunan yang terbuat dari batu bata diplester, dibangun melalui beberapa tahapan. Beberapa bagian benteng yang masih bisa dilihat antara lain bangunan penjara, ruang senjata, terowongan, gudang dan dapur, bangunan akomodasi, barak tentara / asrama, bastion and scouts, dan parit. Bangunan penjara menghadap ke utara dengan jendela berjeruji, dindingnya dingin, tebal dan tinggi. Bentuk ruang senjata tidak berbeda jauh dengan bangunan penjara, karena ruang senjata berada satu komplek dengan penjara. Yang membedakan penjara adalah ruang senjatanya memiliki dua lantai. Untuk pengalaman yang tak terlupakan, lebih baik Anda mengunjungi benteng ini juga.

8. Pulau Nusakambangan

Ada banyak Tempat Wisata Terpopuler di Cilacap, Jawa Tengah. Nusakambangan adalah sebuah pulau yang terletak di Jawa Tengah. Meski secara geografis berbatasan dengan Kabupaten Cilacap, namun pulau ini tidak masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Cilacap, melainkan dimiliki oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan masuk dalam daftar pulau terluar Indonesia.


Namun untuk mencapai pulau ini Anda harus menyeberang dengan kapal ferry dari pelabuhan khusus yang dikelola oleh Kementerian Hukum dan HAM dari Pelabuhan Sodong kemudian menyeberang ke Cilacap, Jawa Tengah selama kurang lebih lima menit dan bersandar di pelabuhan penyeberangan Wijayapura di Cilacap. Petugas Lapas (Lapas) akan mengawaki penyeberangan, khusus untuk pengangkutan narapidana dan juga untuk kebutuhan pengangkutan para petugas Lapas dan keluarganya. Tapi jangan khawatir, mereka juga mengantarkan turis ke tempat tujuan (bukan penjara).


Setelah menikmati benteng-benteng yang ada di pulau ini, masih banyak kegiatan di sini, yang harus Anda nikmati sendiri.

9. Gunung Srandil

Gunung Srandil terletak di Desa Glempangpasir, Kecamatan Adipala, Cilacap, Jawa Tengah. Lokasi Gunung Srandil sebenarnya masih dalam pengawasan TNI Angkatan Darat yang dikelola oleh DENSIBANG (Detasemen Seni dan Gedung). Untuk pemeliharaannya, masyarakat sekitar yang melakukannya. Gunung Srandil kini menjadi salah satu obyek wisata di Cilacap, Jawa Tengah. Objek wisata Gunung Srandil sebenarnya adalah sebuah bukit kecil yang ditumbuhi pepohonan, di pesisir selatan Srandil. Di kawasan Gunung Srandil terdapat beberapa reruntuhan yang terkadang dikunjungi para peziarah.


Namun di sebelah selatan Gunung Srandil ini juga terdapat pantai yang menjadi objek wisata dan tempat pemancingan ikan. Dulu sekitar 1980 hingga 1990-an. Terdapat penambangan pasir besi di pantai ini, dan kini sisa-sisa penambangan sepertinya masih ada.

10. Kampung Laut Cilacap

Kampung Laut sebenarnya adalah sebuah Kecamatan yang terletak di Kabupaten Cilacap. Terdiri dari empat desa, Desa Ujung Galang, Ujung Gagak, Klaces, dan Panikel. Kampung Laut adalah nama sebuah pemukiman yang berada di kawasan Segara Anakan, yaitu sebuah kawasan perairan yang terletak di daratan Cilacap di bagian barat Pulau Nusakambangan. Akses menuju Kampung Laut ini bisa ditempuh melalui jalur darat maupun laut. Jika Anda datang dari timur kabupaten Cilacap, Anda bisa mengambil jalur dari Pelabuhan Seleko dan Tanjung Intan. Selain itu jika anda datang melalui jalur darat, anda bisa menggunakan jalur dari pelabuhan penyeberangan Tanjung Intan atau Pelabuhan Batre menuju pulau Nusakambangan. Jika menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam.


Habitat alami yang mengelilingi objek wisata Kampung Laut sangat mendukung pertumbuhan biota laut. Menjadikan kawasan wisata sebagai surganya ikan-ikan yang hidup di sekitar lokasi. Bagi para pecinta memancing, lokasi Kampung Laut merupakan tempat yang sangat cocok untuk menyalurkan hobi. Berbagai jenis ikan yang bisa Anda tangkap di lokasi ini seperti ikan kerapu, udang galah, belut dan masih banyak lagi jenis ikan lainnya. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati aneka hidangan seafood seperti kerang totok, kepiting udang dan ikan belanak yang menjadi salah satu menu khas lokasi wisata.


Itulah, beberapa tempat wisata terhits di Cilacap, Jawa Tengah. Sebenarnya, masih banyak Tempat Wisata populer yang dapat Anda jelajahi, dan saya ingin Anda menemukannya sendiri. Buatlah kenangan indah dan jaga kebersihan lingkungan agar keindahan tempat-tempat tersebut tetap terjaga. Selamat menikmati liburan Anda, semoga hari Anda menyenangkan!