10 Tempat Wisata di Karangasem Bali Terhits Dikunjungi







Tempat ini memiliki banyak tempat wisata yang bagus, banyak di antaranya akan membuat Anda terpesona. Nah, berikut ini daftar beberapa tempat wisata terhits yang bisa kamu kunjungi saat berlibur di Karangasem Bali, selamat menikmati!

1. Pantai Tulamben

Dari Denpasar, pantai ini hanya berjarak sekitar 125 kilometer ke arah timur laut dengan menempuh perjalanan sekitar 3 jam. Pantai Tulamben yang indah ini menjadi salah satu lokasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur di Karangasem. Namun pantai ini tidak sama dengan Pantai Kuta dimana wisatawan bisa berjemur sepuasnya, bahkan bisa bermain bola di atas pasir. Pantai Tulamben berbatu dan tidak berpasir Itulah keunikan dari lokasi ini.


Di pantai ini, Anda bisa bersantai sambil berjalan-jalan dan melihat pemandangan indah di sisi barat pantai, khususnya keindahan Gunung Agung. Pantai yang dipenuhi bebatuan dan pasir hitam ini memang lebih unik, namun aktivitas diving juga ada dan bisa dilakukan di pantai ini untuk menelusuri keindahan dunia bawah laut. Untuk memasuki pantai yang megah ini, Anda hanya perlu membayar tiket parkir sekitar 5.000 rupiah. Ini sangat bagus.

2. Pantai Candidasa

Jika ingin menikmati indahnya suasana sunrise dan sunset di satu tempat, maka datanglah ke Pantai Candidasa. Pemandangan sunset di pantai candidasa terlihat lebih menarik karena matahari lebih bulat dan matahari terbenam diantara perbukitan dan perairan laut Candidasa. Namun tingkat kepadatannya tidak sebanding dengan Pantai Sanur dan Kuta karena jaraknya yang terlalu jauh dari tempat wisata di Bali itu sendiri dan Tempat Wisata di Candidasa.


Namun pantai ini cocok untuk dijadikan objek fotografi atau Anda bisa sekedar berswafoto dengan latar sunrise di pantai Candidasa. Selain memiliki panorama alam yang begitu mempesona, Candidasa memiliki beberapa dataran kecil yang unik di lepas pantai bernama Gili Biaha dan Gili Mempang. Untuk menikmati keindahan pantai ini, Anda hanya perlu membayar tiket parkir seharga sekitar 5.000. Cukup bagus, bukan?

3. Pantai Amed

Tempat wisata Amed ini terletak di bagian timur pulau Bali, dengan daya tarik utamanya adalah kawasan pantai dan keindahan pemandangan bawah laut. Hamparan pantai di Amed berjarak 14 kilometer dan mencakup 7 desa. Pasir pantai di Amed merupakan pasir hitam. Aktivitas masyarakat di Amed tidak seramai di kawasan wisata Kuta Bali. Oleh karena itu sebagian besar wisatawan yang berlibur ke objek wisata Amed adalah wisatawan yang mencari tempat liburan yang tenang dan santai, Hal yang Dapat Dilakukan di Amed Bali.


Karena Amed berdekatan dengan Tulamben (salah satu tempat menyelam terbaik di Bali), sebagian besar wisatawan memilih Amed sebagai basis untuk menyelam di Tulamben. Jadi jika anda menyukai liburan ke tempat yang lebih sepi, jauh dari keramaian dan ingin melakukan aktivitas wisata bahari seperti snorkeling atau scuba diving, maka Amed adalah hal yang wajib anda kunjungi. Anda hanya perlu membayar 5.000 rupiah untuk tiket parkir. Memang, Pantai Amed adalah salah satu tempat terhits yang dapat anda kunjungi ketika di Karangasem Bali.

4. Pantai Perasi (Virgin Beach)

Jika anda ingin berkunjung ke pantai ini mungkin anda akan kesulitan menemukan akses menuju pantai ini karena minimnya penunjuk arah, hanya terdapat tanda panah dan papan kecil bertuliskan 'virgin beach'. Di sepanjang pantai, kita bisa melihat perkampungan pemukiman dan persawahan. Anda harus melewati jalan kecil berbatu sekitar 1 km. Kedengarannya sangat melelahkan tentunya, namun semua akan terbayar ketika akhirnya sampai di pantai ini, karena anda akan disambut oleh pohon kelapa yang menjulang tinggi, dan diombang-ambingkan seakan menyambut kita.


Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 5000 rupiah, Anda sudah bisa masuk dan menikmati pantai ini dengan leluasa. Begitu sampai di tempat parkir, Anda sudah bisa melihat deburan ombak, pasir putih yang terhampar di sepanjang pantai dan semilir angin yang mengundang kita. Saat menuju bibir pantai mata kita akan terpana dengan keindahan pantai ini, birunya air yang sangat jernih dan masih bersih menandakan pantai ini belum banyak tersentuh oleh banyak kehadiran wisatawan. Pantai ini bisa dikatakan eksklusif karena pantainya tidak terlalu panjang, hanya sekitar 600 meter saja. Anda juga bisa melihat ujung pantai ini karena pantainya diapit oleh perbukitan. Bagaimanapun, ini adalah tempat yang bagus untuk dikunjungi.

5. Pantai Labuhan Amuk

Di Kabupaten Karangasem, Pantai Labuhan Amuk bisa menjadi lokasi liburan favorit dengan banyak aktivitas seru yang tidak akan membuat pengunjung merasa bosan sedetik pun. Baik itu jalan kaki, berselancar atau berenang, semuanya bisa dinikmati selama berada di Amuk Bay Bali yang terletak di antara Padangbai dan Candidasa. Bagi wisatawan yang lebih suka liburan di pantai sepi, Pantai Labuhan Amuk tentunya paling pas untuk dikunjungi.


Beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan antara lain berenang, snorkeling, diving bahkan wisata kapal selam. Mau berenang tapi khawatir ombak besar dan berbahaya? Tempat ini aman karena berada di kawasan teluk sehingga ombak air lautnya tenang dan tidak terlalu tinggi. Berkano, arung jeram, tubing, banana boat, jetski, dan dive walker adalah aktivitas air lainnya yang ditawarkan oleh Amuk Bay Bali. Tidak ada biaya masuk yang perlu dibayar, jadi silakan mengunjunginya!

6. Padangbai

Masih penasaran dengan suasana bawah laut? Kemudian datang ke pantai teluk Padang. Tidak hanya disuguhkan keindahan pantainya saja, Anda juga akan dianugerahi keindahan alam bawah laut. Melalui jasa persewaan alat selam, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan bawah laut yang indah.


Yang Patut Dilakukan di Padangbai, Blue lagoon merupakan hal yang sayang untuk dilewatkan saat Anda berkunjung ke Padangbai, apalagi oleh para penyelam. Selain pantainya yang menawan, Padangbai juga memiliki kompleks Pura Dang Kahyangan, sedangkan bila berjalan sedikit ke arah timur pantai ini, Anda akan bisa menemukan Pura Silayukti. Dari Pura Silayukti jika berbelok ke arah selatan maka anda dapat berkunjung ke Pura Tanjung Sari. Sedangkan untuk bagian barat pelabuhan Padangbai terdapat Pura Penataran Agung. Untuk mengunjungi tempat liburan besar ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sekitar 5.000 rupiah. Sangat bagus, bukan?

7. Gunung Agung

Wisata petualangan mendaki Gunung Agung di Bali selain anda pecinta alam, anda juga harus memiliki kondisi tubuh yang prima dan kesehatan yang prima. Gunung tertinggi di Bali ini memiliki ketinggian ± 3.044 mdpl, ketinggian awalnya 3.142 mdpl namun karena letusan dahsyat ketinggiannya menurun. Ini adalah puncak tertingginya, jadi anda bisa mengarahkan pandangan 360 derajat murni ke atas, sedangkan jika mendaki gunung Agung hanya untuk menuju 2 puncak saja, maka pendakiannya hanya mencapai sekitar 2.000 meter saja.


Perjalanan menuju puncak tertinggi di Bali dimulai atau mengambil start point dari Pura Pasar Agung, Pura ini terletak di lereng gunung, sehingga sejuk. Tempat parkir tersedia. Jika anda menyewa mobil di AyoBali, maka anda bisa parkir disini dengan aman. Jika Anda ingin mendaki, Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu, melalui banyak situs di internet. Pilih situs yang Anda inginkan.

8. Pura Lempuyang

Pura Penataran Agung Lempuyang berlokasi di Kecamatan Abang, di desa bernama Adat Purwa Ayung. Karena lokasinya di Bukit Bangle, pengunjung harus menaiki anak tangga untuk mencapai lokasi ini. Dari kejauhan, ada pemandangan yang menyejukkan untuk dinikmati hingga puas.


Ada dua tingkatan di dalam pura ini, Di tingkat pertama, pengunjung akan menemukan Bale Wantilan. Sedangkan di tingkat kedua masih banyak lagi yang bisa dinikmati, seperti pusat Pura yaitu pelinggih Catu, pelinggih Limas Sari, dan pelinggih Manjangan Saluang. Di tengah Anda akan melihat Padma Kembar, pelinggih Gedong, Padma Ngelayang dan Padmasana. Salah satu pura yang wajib dikunjungi di Karangasem, selain indah, Anda hanya perlu membayar tiket parkir sekitar 5.000 rupiah.

9. Pura Besakih

Pulau Bali mendapat julukan "Pulau Seribu Pura" karena hampir di setiap banjar terdapat satu pura atau lebih, dan Pura terbesar di Bali terletak di Kabupaten Karangasem yaitu Pura Besakih. Gunung Agung tampaknya menjadi latar belakang lokasi wisata suci ini. Sesampainya di Pura Besakih pengunjung tentunya akan disuguhkan dengan Pura Penataran Agung Besakih yang menjadi pusat Pura dan juga Pura pendamping dari 18 pura yang ada disekitar pura pusat.


Namun, Anda hanya dikenakan biaya Rp 15.000 per orang untuk menikmati pemandangan di dalam kawasan Pura serta untuk masuk dan melihat Pura Besakih dan Pura Penataran Agung Besakih. Disarankan untuk mengunjungi pura sekitar jam 10 pagi hingga 12 siang agar kunjungan Anda tidak terpengaruh dan terganggu oleh kabut yang turun dari gunung.

10. Bukit Jambul

Salah satu obyek wisata di Kabupaten Karangasem yang menawarkan keindahan alam dengan perpaduan antara perbukitan, persawahan, lembah dan panorama laut adalah obyek wisata Bukit Jambul. Jika Anda baru keluar dari objek wisata Kerta Gosa dan Museum Semarajaya di Kabupaten Klungkung dan akan melanjutkan perjalanan menuju objek wisata Pura Besakih maka otomatis Anda akan melewati bukit ini.


Karena letaknya yang berada di perbatasan, objek wisata puncak bukit ini dijadikan sebagai tempat persinggahan dengan udaranya yang sejuk dan menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dari ketinggian 500 m dpl. Di Bukit Jambul juga tersedia area parkir yang luas, restoran dengan menu yang beragam, dan penginapan yang nyaman bagi yang ingin menikmati suasana malam di kawasan ini. Untuk memasuki tempat peristirahatan ini, Anda hanya perlu membayar tiket parkir sekitar 5.000 rupiah.


Itulah beberapa tempat wisata terhits di Karangasem, Bali. Sebenarnya masih banyak tempat wisata terhits yang bisa kamu jelajahi di Karangasem Bali. Buatlah kenangan indah dan jaga kebersihan lingkungan agar keindahan tempat-tempat tersebut tetap terjaga. Selamat menikmati liburan Anda di Karangasem, Bali. Semoga hari Anda menyenangkan!