10 Tempat Wisata di Klungkung Bali Terhits Dikunjungi







Mungkin nama "Klungkung" sedikit asing bagi Anda. Kabupaten Klungkung adalah kabupaten terkecil di provinsi Bali, Indonesia. Ibukotanya ada di Semarapura.ada banyak lokasi yang bisa kamu kunjungi di sini. Ayo kita lihat tempat wisata terhits di Klungkung.

1. Taman Kertha Gosa

Kertha Gosa pernah menjadi bagian dari kompleks bangunan kerajaan Klungkung. Kompleks kerajaan Klungkung dibangun pada tahun 1686 oleh pemegang kekuasaan pertama, Ida I Dewa Agung Jambe. Namun pada tahun 1908, hampir semua bangunan kerajaan Klungkung hancur akibat invasi kolonial Belanda.


Hal utama yang menjadi daya tarik objek wisata taman Kerta Gosa adalah arsitektur bangunannya yang menjadi ciri khas arsitektur khas Bali abad ke-17. Keindahan arsitektur terutama terlihat pada bangunan Bale Kambang yang dikelilingi oleh sebuah kolam bernama Taman Gili.


Karena di sekitar Bale Kambang terdapat sebuah kolam, maka untuk mengakses kawasan bangunan Bale Kambang ini anda akan melewati sebuah jembatan dari batu bata. Namun, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00, dan Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 12.000 untuk masuk ke dalamnya.

2. Desa Kamasan

Bagi yang tidak menyukai seni tentunya mengunjungi desa kecil di Klungkung yang bernama Desa Kamasan bukanlah prioritas. Namun bagi yang memiliki jiwa seni yang tinggi, dimana jiwanya selalu haus akan kebutuhan akan seni, maka wajib datang ke Desa Kamasan.


Desa Kamasan hanya seluas 249 hektar dengan jumlah penduduk sekitar 3.400 jiwa dan tersebar di 10 banjar atau 4 desa kecil. Desa Kamasan hanya berjarak 4 km dari Kota Semarapura yang merupakan ibu kota Kabupaten Klungkung. Meski dikategorikan sebagai desa kecil, namun Kamasan disebut sebagai ibu dari seni lukis wayang kulit Bali. Silakan mengunjunginya, karena Anda tidak perlu membayar tiket masuk, dan juga buka setiap hari.

3. Desa Pesinggahan

Pesinggahan adalah nama sebuah desa sekaligus tempat wisata di Klungkung yang terletak di Kabupaten Klungkung yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karangsem. Bila anda mengetahui objek wisata Goa Pura Lawah, disitulah letak Pesinggahan. Selain memiliki Pura Goa Lawah, Desa Pesinggahan merupakan desa yang menyimpan keindahan pantai yang memiliki keindahan luar biasa. Jadi sangat baik jika anda memiliki rencana untuk berkunjung kesini.


Di Desa Pesinggahan juga terkenal dengan warung sate lesehannya, seperti warung Pancaboga, Merta Sari, Baruna, Rahayu dan lain sebagainya. Letaknya yang strategis di tengah jalur lintas kabupaten menjadikan lokasi ini pilihan bagi Anda yang ingin mengisi perut dalam perjalanan menuju Karangasem atau sebaliknya.

4. Museum Semarajaya

Menyatu dengan kawasan objek wisata Kertha Gosa, terdapat sebuah museum bernama museum Semarajaya. Lokasi museum Semarajaya berada di bagian barat gedung Bale Kambang. Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 1 menit dari Bale Kambang untuk mencapai lokasi museum Semarajaya.


Bangunan museum Semarajaya dibangun oleh pemerintah Belanda, setelah Kerajaan Klungkung kalah dalam perang Puputan. Objek wisata di museum yang bisa Anda lihat adalah benda-benda prasejarah dan senjata yang digunakan dalam perang Puputan Klungkung. Selain itu, Anda juga bisa melihat foto-foto raja Klungkung sebelum perang. Biaya masuknya adalah Rp. 5.000 untuk dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak. Buka setiap hari Selasa-Minggu, dari jam 09.00 Hingga 16.00 Wita.

5. Museum Nyoman Gunarsa

Museum Seni Klasik Nyoman Gunarsa merupakan museum seni yang terletak di jalur yang strategis atau tepatnya berada di Desa Takmung Band Macan Banda, atau kurang lebih 3 Km dari Semarapura Barat. Bentuk bangunan di Museum merupakan perpaduan antara arsitektur Bali modern.


Museum Nyoman Gunarsa, merupakan tempat wisata di klungkung yang terbagi menjadi 2 bagian utama yaitu tempat koleksi lukisan klasik Bali dan tempat seni lukis Bali modern. Kedua tempat tersebut menghadirkan dua koleksi lukisan yang berbeda. Untuk masuk ke museum berseni ini, kamu perlu membayar ticket sekitar Rp. 25.000. Selain itu, Museum ini buka dari Senin-Sabtu pukul 09.00 hingga 16.00 Wita.

6. Gua Jepang

Gua Jepang merupakan gua Pemerintah Jepang yang dibangun pada awal penjajahan tahun 1941 hingga 1942. Di dinding tebing terdapat sungai Tukad Bubuh yang mengalir. Setidaknya terdapat 16 lubang di goa Jepang di sini yang memiliki panjang sekitar 14 meter dengan lebar kurang lebih 2 meter. Itu dihiasi dengan dinding yang lembab. Terlihat sedikit menyeramkan.


Hati-hati untuk memasuki tempat ini, disarankan untuk tidak sendirian mengunjungi tempat ini. Tempat ini gratis untuk dikunjungi, jadi Anda dapat berkunjung ke sini kapan saja Anda mau. Lebih baik datang kesini pada siang atau pagi hari, karena sinar matahari akan membantu Anda melalui perjalanan Anda di sini.

7. Pura Agung Klungkung

Agung Klungkung adalah sebuah bangunan bersejarah yang terletak di Semarapura-Klungkung, Bali. Pura tersebut merupakan peninggalan kebesaran Kerajaan Klungkung. Agung Klungkung dibangun sekitar akhir abad ke-17. Namun sayang bangunan ini hancur saat penaklukan Belanda tahun 1908.


Dalam upaya pelestarian sisa-sisa bangunan peninggalan kerajaan Klungkung maka kesadaran masyarakat adalah yang terpenting dan paling mendasar untuk menjaga kelestarian warisan leluhur ini. Selain itu, peran pemerintah dalam turut serta dalam upaya konservasi juga terlihat dari berbagai kebijakan yang telah dilakukan. Tidak ada tiket masuk yang perlu dibayar, jadi silakan mengunjunginya!

8. Pura Goa Lawah

Pura Lawah terletak di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung yang berjarak sekitar 10 km sebelah timur kota Semarapura Klungkung atau sekitar 50 km dari Kota Denpasar. Tidak terlalu sulit untuk menemukan objek wisata di Klungkung ini, karena tempat ini dilewati ketika ke Karangasem. Dalam perjalanan, Anda akan menemukan tiga wisata lainnya seperti Gua, Pura, dan Pantai.


Keunikan objek wisata Pura Lawah terletak pada areal pura. Di dalam area Pura Goa Lawah Klungkung terdapat sebuah goa yang sangat besar dan dihuni oleh ribuan kelelawar yang terlihat beterbangan dan bergelantungan di area bibir goa. Untuk memasuki pura unik ini, Anda harus membayar ticket sekitar Rp. 6.000, dan jam operasionalnya dari pukul 08.00 hingga pukul 19.00 Wita setiap hari.

9. Sungai Melangit

Salah satu tempat wisata di Klungkung yang paling indah dan populer adalah wisata arung jeram dengan kedalaman 4 m dari Sungai Melangit yang indah. Saat melakukan arung jeram, Anda bisa melihat berbagai macam tanaman yang indah dan lebat di sepanjang sungai. Ini adalah aktivitas khusus, jika Anda ingin melakukan sesuatu yang ekstrim.


Jika anda bertanya dimana tempat melakukan rafting di Bali, salah satunya di sungai Melangit Klungkung. Penyedia jasa rafting di sungai Melangit bernama Bakas Levi rafting. Jika Anda ingin mengikuti kegiatan ini, Anda akan dikenakan biaya Rp 350.000 per orang. Buka setiap hari dari Pukul 09.00 pagi hingga 18.00 petang Wita, jadi pastikan Anda meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat ini.

10. Air Terjun Tukad Unda

Bendungan Unda telah disulap menjadi tempat wisata yang terkenal dengan nama air terjun Tukad Unda. Terkenalnya objek wisata Tukad Unda berawal dari banyaknya pasangan yang ingin melakukan foto pernikahan atau sesi prewedding dengan latar belakang air terjun Tukad Unda.


Walaupun tempatnya indah dan sangat berkesan (terutama bagi pengunjung yang datang berbulan madu), untuk mengunjunginya tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis. Selain sebagai lokasi wisata, kawasan Tukad Unda kerap dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk mandi dan mencuci, bahkan memancing. Pasir sungai Tukad Unda rupanya juga menjadi sumber mata pencaharian masyarakat setempat sehingga seringkali masyarakat menambangnya.


Itulah beberapa tempat wisata terhits di Klungkung. Buatlah kenangan indah dan jaga kebersihan lingkungan agar keindahan tempat-tempat tersebut tetap terjaga. Nikmati liburan Anda di Klungkung, semoga harimu menyenangkan dan nikmati semua tempat wisata yang ada di Klungkung!!!