10 Tempat Wisata di Pulau Sulawesi Terhits Dikunjungi







Sulawesi merupakan pulau terbesar keempat di Indonesia setelah Papua, Kalimantan dan Sumatera dengan luas daratan 174.600 kilometer persegi. Bentuknya yang unik menyerupai mawar laba-laba atau huruf K besar yang membentang dari utara ke selatan dan tiga semenanjung yang membentang dari timur laut, timur, dan tenggara.


Karena letak geografisnya yang bagus, pulau ini memiliki banyak sekali obyek wisata yang indah. Yuk intip ini beberapa tempat wisata terhits di Pulau Sulawesi.

1. Pantai Losari

Pantai Losari pasti sudah tidak asing lagi, apalagi bagi masyarakat Makassar dan sekitarnya. Pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar ini menjadi ikon kota Makassar dan merupakan salah satu tempat wisata di Makassar yang paling populer.


Pantai yang terkenal dengan matahari terbenamnya ini juga dikenal sebagai pantai dengan meja dan warung terpanjang di dunia. Mengapa? Karena di sepanjang pantai ini terdapat warung tenda yang saling menyambung sepanjang kurang lebih 1 KM. Selain menjual aneka seafood di malam hari, warung-warung tersebut juga menjual aneka makanan khas Makassar. Ini tempat yang sempurna untuk perut Anda, jadi tunggu apa lagi?

2. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung bira terletak di daerah Sulawesi Selatan. Lokasinya berada di Kabupaten Bulukumba yang jaraknya sangat jauh, sekitar 200 km dari Ibukota Makassar. Pantai ini bisa dikatakan sebagai senjata masyarakat sekitar untuk menarik para pendatang dan wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang kesana. Tanjung Bira tentunya menawarkan hal-hal seperti pantai putih, alam bawah laut dan juga pemandangan senja yang tiada duanya.


Selain itu, bagi kamu yang menginginkan pemandangan langit yang tidak terhalang oleh apapun, maka pantai ini wajib masuk ke dalam list wisata kamu. Pantai Tanjung Bira juga menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah. Keindahan ini tidak akan ditemukan di tempat lain, apalagi di daerah lain di Indonesia, sehingga wajib Anda kunjungi.

3. Pantai Lakban

Pantai Lakban terletak di Kabupaten Ratatotok, Minahasa Tenggara. Untuk bisa menikmati keindahan pantai lakban, anda harus menempuh perjalanan yang cukup lama. Butuh waktu sekitar 3 jam dari Manado yang merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Utara. Namun terlepas dari perjalanan yang melelahkan, tempat ini akan membayar Anda dengan keindahannya saat tiba di lokasi Pantai Lakban.


Di kawasan pesisir terdapat beberapa fasilitas penunjang, antara lain arena bermain anak, lapangan sepak bola pantai, dan lapangan voli. Dengan semua itu, Anda tidak akan pernah bosan di pantai ini. Tertarik?

4. Pulau Bulupoloe

Makassar tidak hanya terkenal dengan Pantai Losari nya saja, namun masih banyak keindahan laut lainnya yang wajib untuk dikunjungi. Salah satunya Pulau Bulupoloe yang menyimpan keindahan alam yang mempesona. Terutama di dasar laut. Banyak wisatawan yang ingin melihat Pulau Bulupoloe ini karena keindahan panorama pegunungan dan pemandangan bawah lautnya. Bulupoloe memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas sekitar 50 meter dengan pasir yang sangat bagus. Bahkan di beberapa tempat di kawasan pulau terdapat mata air tawar yang membuat pulau ini semakin unik.


Pantainya yang luas, sangat cocok dan menyenangkan saat Anda bermain pasir atau sekedar jalan-jalan keliling pulau. Namun aktivitas yang bisa Anda lakukan selain bermain pasir adalah aktivitas snorkeling atau diving karena wisata bawah laut di tempat ini sangat mempesona. Tentunya akan sayang jika datang kesini tanpa melihat keindahan biota bawah lautnya. Ada spot favorit untuk menyelam, yang menyuguhkan keindahan terumbu karang beserta berbagai jenis ikan. Oya, karena banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, tempat ini sangat cocok untuk liburan kamu.

5. Taman laut Bunaken

Ini adalah tempat terbaik untuk dikunjungi di Sulawesi Utara. Jika Anda sedang berada di Manado, Sulawesi Utara, jangan lupa untuk mengunjungi pulau Bunaken ini. Taman laut Bunaken memiliki luas wilayah 8,08 km² dan terletak di teluk Manado. Pesona dan keindahan taman laut sangat mempesona, banyak wisatawan yang berkunjung ke Taman laut Bunaken terpesona dengan keindahannya. Jika Anda dari Manado, waktu yang Anda perlukan untuk mencapai pulau ini sekitar 30 menit dengan menggunakan speed boat.


Taman laut Bunaken juga memiliki sekitar 20 spot diving dengan kedalaman yang berbeda-beda, hingga 1.344 meter. Dari 20 titik penyelaman, 12 diantaranya berada di sekitar Taman laut Bunaken. Selain itu, tempat ini juga memiliki banyak kehebatan yang bisa Anda rasakan sendiri. Jadi, jika Anda berkunjung ke Sulawesi, jangan pernah lupa untuk mengunjungi surga yang satu ini.

6. Pulau Lae Lae

Lae Lae, sebuah pulau kecil di sebelah barat Makassar merupakan salah satu tempat wisata yang berjarak sekitar 1,5 Km dari Makassar dan terlihat jelas dari Pantai Losari. Untuk menempuh perjalanan ke pulau kecil ini dapat ditempuh dengan 10 menit naik perahu nelayan dengan ongkos sekitar Rp. 15.000 per orang dari dermaga Bangkoa atau dermaga Fort Rotterdam Fortress. Pulau yang terletak di sisi barat kota makassar ini menjadi salah satu spot penyelaman bagi para penyelam, kita juga bisa melakukan snorkeling di sekitar Lae Lae. Dengan laut biru yang dalam dan kelangkaan bulu babi, Lae Lae sangat cocok untuk mereka yang suka berenang di laut atau sekedar mandi.


Namun di sekitar pulau banyak terdapat persewaan pondok bambu yang disewakan sebagai tempat berteduh dengan harga berkisar Rp. 25.000 - Rp. 40.000. Bagi wisatawan yang tidak membawa bekal bekal juga banyak terdapat warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman. Seperti ikan bakar dan jajanan khas Makassar seperti jalankote, ikan doang, ubi jalar, panada, dan lain-lain. Tempat yang bagus, bukan?

7. Pulau Siladen

Pulau Siladen terletak di sebelah timur laut Pulau Bunaken dan memiliki luas wilayah 31,25 hektar. Pulau ini dikelilingi pantai pasir putih dan di lautnya banyak terdapat terumbu karang dengan biota laut dengan berbagai bentuk dan warna sehingga membentuk tumbuhan laut yang sangat indah.


Kegiatan yang bisa Anda lakukan di pulau ini adalah menaiki perahu kaca (katamaran), snorkeling, diving, dan fotografi bawah air, dan tentunya berjemur di pantai pasir putih. Dengan segala kehebatan yang dimiliki pulau ini, pulau ini sangat menarik bukan?

8. Bukit Kasih Kanonang

Jika ingin merasakan sensasi keindahan alam dari atas bukit sambil berendam di air panas belerang, maka kunjungi Bukit Kasih Kanonang, Sulawesi Utara. Selain itu, objek wisata ini juga menawarkan udara segar sekaligus simbol cinta dan perdamaian antar umat beragama. Karena di puncak bukit ini terdapat tempat peribadatan lima agama.


Bukit ini dinamakan Bukit Kasih (Hill of Love) karena di bukit ini orang dari berbagai agama bisa berkumpul dan berdamai di satu tempat. Bukit Kasih digunakan sebagai simbol perdamaian. Selain itu, bukit ini juga dijadikan sebagai tempat untuk saling mengingatkan umat manusia akan kerukunan umat beragama. Di puncak bukit ini, Anda akan menemukan lima tempat peribadatan dari lima agama yang telah diresmikan di Indonesia, Masjid untuk Muslim, Gereja Katolik dan Protestan, Kuil Budha, dan Pura Hindu. Kelima tempat ibadah tersebut dapat diakses dengan jalan berupa anak tangga yang berkelok-kelok. Tempat tersebut berada di puncak bukit, menciptakan suasana damai dan harmonis di sekitar tempat itu. Benar-benar tempat yang menakjubkan.

9. Bukit Doa Mahawu

Selain Bukit Kasih Kanonang, ternyata di Sulawesi Utara juga terdapat bukit yang memberikan keindahan alam yang akan memanjakan mata Anda. Pemandangan alamnya yang hijau mampu memanjakan mata siapapun yang berkunjung ke tempat ini.


Karena keindahannya, Bukit Doa Mahawu juga sering dijadikan sebagai tempat foto pre wedding. Untuk mencapai tempat ini, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Manado. Jadi, jika Anda sampai di Manado, sempatkanlah untuk mengunjungi tempat yang indah ini.

10. Malino Forrest

Di Malino, Anda akan bisa menemukan hutan pinus tinggi yang berjajar di antara bukit dan lembah. Di sekitar hutan pinus ini terdapat jalan menanjak berkelok-kelok yang membentang di antara deretan pegunungan dan lembah. Jika dilihat dari kejauhan, panorama akan terlihat sangat indah seperti lukisan alam yang indah. Kawasan ini sangat terkenal sebagai tempat rekreasi alam sejak jaman dahulu kala, bahkan pada jaman penjajahan Belanda. Tempat wisata Malino ini berada di ketinggian 1.500 meter.


Selain itu banyak juga perkebunan yang menjadi peninggalan Belanda yang langka, seperti edelweis, pohon turi yang berwarna jingga, dan juga terdapat Kembang Masamba yang warnanya berubah setiap bulan. Di sekitar kawasan ini juga dapat dijumpai beberapa tempat wisata lainnya seperti kebun markisa penghasil minuman khas Malino yaitu Jus Buah Markisa. Karena semua hal yang bisa Anda dapatkan di sini, tempat ini sangat cocok untuk liburan Anda.


Itulah, beberapa tempat wisata terhits di Pulau Sulawesi. Sebenarnya, masih banyak tempat terhits di Pulau Sulawesi yang dapat Anda jelajahi, dan saya ingin Anda menemukannya sendiri. Jangan lupa untuk membuat kenangan indah dan jaga kebersihan lingkungan agar keindahan tempat-tempat tersebut tetap terjaga. Selamat menikmati liburan Anda, semoga hari Anda menyenangkan!